MATA KULIAH : ISTIMA’ (I)
FAKULTAS : TARBIYAH
JURUSAN : PENDIDIKAN BAHASA ARAB
BOBOT : 2 SKS
SEMESTER :
KOMPETENSI DASAR :
Mahasiswa mampu mandengarkan suara bunyi huruf, kosa kata dan ungkapan pendek bahasa Arab dengan baik dan dapat menterjemahkannya serta menuliskannya secara benar.
HASIL BELAJAR :
- Mahasiswa dapat memahami ungkapan ungkapan berbahasa Arab yang diungkapkan secara lisan
- Mahasiswa dapat mememahami informasi berupa percakapan, teks pendek berisikan cerita yang dibacakan, dan penggalan khutbah berbahasa Arab yang disampaikan secara langsung.
INDIKATOR :
Mahasiswa mampu :
- Menguasai kosa kata assyai’ah (umum) dalam bahasa Arab.
- Menguasai bunyi suara huruf bahasa Arab dan dapat melafalkannya secara baik dan benar.
- Memahami ungkapan ungkapan berbahasa Arab yang didengar langsung
- Memahami inti pembicaraan sebuah pidato, cerita maupun ungkapan ungkapan panjang berbahasa Arab.
- Menyimpulkan isi sebuah informasi bahasa Arab yang didengar.
- Mengungkapkan ide atau gagasan dalam bentuk jumlah mufidah
CAKUPAN MATERI
1. Memahami kandungan dan isi wacana baik nash atau hiwar
a. Mengungkapkan kembali potongan nash / hiwar
b. Menarik kesimpulan dari nash atau hiwar secara lisan
c. Menerjemahkan nash/hiwar tersebut secara langsung (al-Tarjamah al-Fauriyah)
2. Memahami kandungan dan isi cerita
a. Mengungkapkan kembali potongan cerita
b. Menarik kesimpulan dari isi cerita
c. Menerjemahkan cerita tersebut secara langsung (al-Tarjamah al-Fauriyah)
3. Memahami kandungan dan isi pidato
a. Mengungkapkan kembali potongan pidato
b. Menarik kesimpulan dari isi pidato
c. Menerjemahkan pidato tersebut secara langsung (al-Tarjamah al-Fauriyah)
1. Memahami kandungan dan isi wacana baik nash atau hiwar
a. Mengungkapkan kembali potongan nash / hiwar
b. Menarik kesimpulan dari nash atau hiwar secara lisan
c. Menerjemahkan nash/hiwar tersebut secara langsung (al-Tarjamah al-Fauriyah)
2. Memahami kandungan dan isi cerita
a. Mengungkapkan kembali potongan cerita
b. Menarik kesimpulan dari isi cerita
c. Menerjemahkan cerita tersebut secara langsung (al-Tarjamah al-Fauriyah)
3. Memahami kandungan dan isi pidato
a. Mengungkapkan kembali potongan pidato
b. Menarik kesimpulan dari isi pidato
c. Menerjemahkan pidato tersebut secara langsung (al-Tarjamah al-Fauriyah)
STRATEGI PERKULIAHAN :
Strategi yang akan digunakan dalam perkuliahan ini adalah :
- Drill istima' secara langsung
- Penugasan dan proyek istima'
- Praktikum istima'
SARANA DAN SUMBER BELAJAR :
- Sumber kuliah utama adalah dosen yang trampil berbahasa Arab.
- CD/Kaset Pidato, Hiwar dan film berbahasa Arab
- Buku teks bahasa Arab yang kosa katanya layak untuk disajikan ke mahasiswa
- Koran, majalah dan jurnal bahasa Arab
- Buku Acuan :
· اللغة العربية بين يديك ( سلسلة في تعليم العربية لغير الناطقين بها)
تأليف : محمد عبد الخالق محمد فضل، محمد عبد الرحمن ال شيخ وصاحبه
· العربية للناشئين ( منهج متكامل لغير الناطقين بها)
تأليف : د. محمود اسماعيل، ناصف مصطفى عبد العزيز، مختار الطاهر حسين.
· كتاب سلسلة تعليم اللغة العربية ( لجامعة الإمام محمد بن سعود الإسلامية) معهد تعليم اللغة العربية.
· دروس اللغة العربية ألفها أصحاب الفضل المدرسون من الجامعة الإسلامية الحكومية رادين فاتح بفالمبانج.
PENILAIAN :
Keberhasilan perkuliahan mahasiswa akan dinilai melalui berbagai jenis penilaian :
1. Keaktifan perkuliahan, meliputi : bobot 25 %
- Keaktifan mengikuti perkuliahan (minimal 75 % dari total tatap muka)
- Keaktifan dalam perkuliahan (penilaian proses dan berkelanjutan)
- Keaktifan mengikuti perkuliahan (minimal 75 % dari total tatap muka)
- Keaktifan dalam perkuliahan (penilaian proses dan berkelanjutan)
2. Tugas terstruktur (individu / kelompok) bobot 25 %
- Proyek membuat materi istima' lengkap dengan CD/kaset dan teks
- Materi disesuaikan dengan tingkat kelas peserta didik
- Penulisan bentuk soal yang variatif
- Proyek membuat materi istima' lengkap dengan CD/kaset dan teks
- Materi disesuaikan dengan tingkat kelas peserta didik
- Penulisan bentuk soal yang variatif
3. Ujian Tengah Semester (UTS) bobot 15 %
4. Ujian Akhir Semester (UAS) bobot 25 %
5. Praktikum Istima' bobot 10 %